ilmuan peredaran darah

Info Ilmuwan Peredaran Darah Manusia : “Ibnu Nafis”

ibnu nafis
Ibnu Nafis (1213-1288 M) Ia adalah orang yang pertama kali menjelaskan peredaran darah pada manusia pada tahun 1242 M. Nafis mampu menerangkan secara tepat tentang paru-paru dan memberikan gambaran mengenai saluran pernapasan, interaksi antara saluran udara dengan darah dalam tubuh manusia, dan fungsi pembuluh arteri dalam jantung sebagai pemasok darah bagi otot jantung.
Penemuannya mengenai peredaran darah di paru-paru ini merupakan penemuan yang menarik, dan Nafis dianggap telah memberikan pengaruh besar bagi perkembangan ilmu kedokteran di Eropa pada abad XVI.
jantung
Melalui penemuannya tersebut, para ilmuwan menganggapnya sebagai tokoh pertama dalam ilmu sirkulasi darah. Beliau juga menulis buku Comprehensive Book on the Art of Medicine yang terdiri atas 300 volume. Sebagian besar karyanya tak tercatat sampai ditemukan di Berlin pada tahan  1924. Ilmuwan selanjutnya yang mempelajari peredaran darah dan fungsi jantung  adalah William Harvey (1578-1657 M). Bukunya yang masyhur An Anatomical Treatise on the Movement of the Heart and Blood in Animals diterbitkan pada tahun 1628 M. Dalam bukunya, Harvey menyatakan bahwa arteri membawa darah dari jantung, sedangkan vena membawa darah kembali ke jantung.
https://rivaldyraw.wordpress.com/2015/05/06/info-ilmuwan-peredaran-darah-manusia-ibnu-nafis/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat papan instalasi Listrik menggunakan stop kontak

rumah adat gadang

planet-planet penyusun tata surya